Sejak kecil, istilah konsentrasi sudah sering kita dengar. Dan sejak kecil pun, kita sudah terbiasa (dan dipaksa) untuk konsentrasi dalam melakukan sesuatu. Kendati sudah selama bertahun-tahun melatih konsentrasi, toh tidak semua orang dan setiap saat kita bisa berkonsentrasi.

Kendati demikian, memusatkan perhatian pada satu hal harus kita lakukan, termasuk dalam bekerja. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab seseorang kurang konsentrasi dalam melakukan pekerjaannya. Nah, tips di bawah ini bisa Anda terapkan untuk meningkatkan konsentrasi dalam bekerja.

  • Jauhkan dan abaikan gawai Anda ketika Anda harus fokus melakukan sesuatu. Termasuk lupakan media sosial.

Khususnya bagi Anda yang tidak harus selalu bekerja dengan ponsel, letakkan jauh-jauh ponsel Anda ketika harus segera menyelesaikan sesuatu. Tidak dapat dimungkiri, godaan yang ditawarkan ponsel cukup besar, mulai dari aplikasi chatting, media sosial, sampai permainan. Agar pekerjaan cepat selesai, singkirkan dulu gawai Anda sejenak.

konsentrasi kerja

Foto: FirmBee/Pixabay

  • Buatlah skala prioritas. Kerjakan dari yang paling mendesak.

Tidak jarang, konsentrasi buyar saat di tengah-tengah mengerjakan sesuatu lantaran “kepikiran” hal lain yang juga harus dikerjakan. Nah, untuk meminimalkan kejadian seperti ini, buatlah skala prioritas, mulai dari pekerjaan yang paling mendesak atau paling dekat tenggat waktunya. Atau…. mulai dari yang Anda anggap paling mudah. Semuanya tergantung pada Anda.

konsentrasi kerja

Foto: Bev/Pixabay

  • Perhatikan faktor internal.

Sudahkah Anda mengistirahatkan tubuh dengan cukup? Sudahkah Anda berolahraga dengan teratur? Sudahkah asupan gizi Anda tercukupi?

Pada banyak kasus, kurangnya konsentrasi disebabkan karena kurangnya istirahat sehingga membuat otak dan tubuh merasa lelah. Apalagi jika Anda kurang aktif berolahraga yang mengakibatkan kurangnya suplai oksigen ke otak. Selain itu, jangan sampai Anda dehidrasi, kelaparan, maupun kekurangan zat-zat tertentu dalam tubuh. Terapkan gaya hidup sehat dan seimbang, ya!

konsentrasi kerja

Foto: Unsplash/Pixabay

  • Sesekali, luangkan waktu untuk melakukan apa yang Anda suka, pergi ke tempat yang Anda inginkan.

Boleh jadi, kurangnya konsentrasi saat bekerja disebabkan oleh rasa bosan yang sudah mengendap dalam diri Anda. Seperti mesin yang terus menerus bekerja, akan ada saatnya untuk di-refresh. Begitu pun dengan Anda.

Rencanakan kegiatan menarik akhir pekan ini, agendakan mengunjungi tempat yang ingin Anda sambangi. Semangat dan konsentrasi pun akan kembali.

konsentrasi kerja

Foto: MabelAmber/Pixabay

Nah, tips yang satu ini tidak kalah penting. Semakin nyaman tempat Anda menghabiskan waktu, semakin senang perasaan, semakin tinggi pula semangat dan konsentrasi Anda.

konsentrasi kerja

Foto: Inkflo/Pixabay

Lima tips sederhana di atas tentu bisa Anda lakukan. Selamat mencoba dan kembali bekerja dengan penuh konsentrasi! 🙂