Rasa malas sudah menjadi hal yang alami dalam hidup kita. Rasa malas itu juga yang membuat kita menciptakan berbagai teknologi untuk memudahkan kehidupan umat manusia. Tapi, itu rasa malas yang baik. Sayangnya, rasa malas yang buruk berpotensi merusak. Rasa malas yang buruk membuat seseorang tidak produktif, menunda banyak pekerjaan dengan alasan capek, bahkan bergerak pun tidak ingin. Singkatnya, rasa malas ini merusak motivasi Anda untuk bekerja dan meraih cita-cita. Ini merupakan perang batin, artinya hanya Anda yang bisa menaklukkannya. Berikut 5 cara untuk menghilangkan rasa malas yang buruk.

  1. Fokus pada beberapa hal saja

Mungkin Anda termotivasi ingin meraih banyak hal sekaligus. Tapi, hal ini bisa berakibat buruk. Fokuslah pada dua sampai tiga hal dulu, dan saat tiga hal tersebut sudah tercapai Anda bisa merencanakan hal lainnya.

Rencana yang terlalu banyak justru bisa membuat Anda merasa kewalahan dan kehilangan motivasi.

motivasi menghilangkan rasa malas

Foto: BenKerckx/Pixabay

  1. Berolahraga

Saat rasa malas melanda, cobalah paksa diri Anda menggerakkan badan dengan berolahraga. Entah dengan berlari, berenang, yoga, dsb. Olahraga dapat membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang memberikan efek rasa nyaman, senang, dan bahagia.

Selain itu, olahraga adalah obat terampuh untuk melepaskan stres. Pilihlah olahraga yang paling Anda sukai dan rasakan efek positifnya.

motivasi melawan malas

Foto:Skeeze/Pixabay

  1. Lakukan hal-hal yang Anda sukai

Berhentilah bekerja dan berikan waktu untuk mengistirahatkan pikiran Anda. Tapi, bukan dengan bermalas-malasan di kasur, ya. Lakukan kegiatan yang Anda sukai, misalnya menjahit, mengurus kebun, atau membaca buku.

Dengan melakukan hal yang disukai, Anda memberikan kesempatan bagi diri sendiri untuk menemukan kembali inspirasi dan motivasi untuk bekerja.

motivasi melawan malas

Foto: Geralt/Pixabay

  1. Jadilah orang yang rapi

Lingkungan bisa sangat memengaruhi kondisi psikis seseorang. Bayangkan, bagaimana Anda bisa berpikir positif jika ruangan di sekitar Anda sangat berantakan dan tidak teratur? Karena itu, rapikan rumah dan ruang kerja Anda. Secara alami hal ini akan membuat Anda termotivasi untuk lebih aktif dan produktif.

motivasi melawan malas

Foto: Tookapic/Pixabay

  1. Berhati-hatilah dengan isi pikiran Anda

Yang dimaksud dengan isi pikiran adalah bagaimana cara Anda berkomunikasi dengan diri sendiri. Bagaimana intonasi suara dan isi pikiran Anda? Apakah terdengar positif?

Saat Anda mengambil sudut pandang yang positif dan mengekspresikannya dengan tubuh (berdiri lebih tegak, bernafas dengan teratur), Anda akan merasa lebih bersemangat dan berenergi.

motivasi melawan malas

Foto: Pixabay

Rasa malas memang tidak selalu menjadi musuh, tapi jika Anda mulai merasa terlalu larut dalam perasaan-perasaan negatif, cobalah cara-cara di atas dan temukan kembali motivasi Anda.