Jika Anda ingin sukses dalam hal tertentu, memiliki target adalah sebuah keharusan. Tanpa target, Anda akan kehilangan arah dan fokus. Memiliki target tidak hanya menjadikan Anda pemegang kontrol atas tujuan hidup diri sendiri, tapi juga sebagai tanda apakah Anda sedang menuju kesuksesan atau tidak.

Berikut 5 hal yang bisa membantu Anda:

  1. Tentukan target yang memotivasi Anda

Untuk memastikan bahwa suatu target bisa memotivasi, tulislah alasan mengapa target tersebut berharga dan penting untuk Anda. Cobalah membagi ide tersebut dengan orang terdekat, jika Anda dapat meyakinkan mereka, berarti Anda juga percaya diri dan tidak memiliki keraguan.

motivasi meraih target

Foto: Peggy_Marco/Pixabay

 

  1. Gunakan metode SMART

Metode ini merupakan singkatan dari Specific, Measureable, Attainable, Relevant, dan Time Bound.

  • Specific (Spesifik)

Target Anda harus jelas dan terperinci. Target yang tidak jelas tidak akan membantu menuju kesuksesan. Sebuah target harus bisa menuntun Anda.

  • Measurable (Terukur)

Buat semua dalam bentuk angka, misalnya jumlah dan tanggal, jadi bisa mengukur kadar kesuksesan Anda. Misalnya Anda ingin berhemat, maka tentukan berapa jumlahnya dan ingin dicapai dalam berapa lama.

  • Attainable (Dapat Dicapai)

Tentu saja sebuah target harus masuk akal dan masih bisa Anda capai. Bukan berarti Anda tidak boleh memimpikan hal besar, tapi target yang sejak awal diketahui sulit dicapai hanya akan mematahkan semangat dan menurunkan kepercayaan diri Anda.

  • Relevant (Relevan)

Target harus relevan dengan arah tujuan hidup dan karir yang ingin diraih. Hal ini membantu Anda untuk tetap fokus dan tidak membuang-buang waktu.

  • Time Bound (Memiliki Batasan Waktu)

Sebuah target haruslah memiliki batasan waktu. Jadi, secara tidak langsung Anda termotivasi untuk bekerja lebih keras dan lebih cepat agar tidak melewati batas waktu tersebut. Dan saat Anda berhasil, rasanya akan sangat menyenangkan.

motivasi meraih target

Foto: geralt/Pixabay

 

  1. Tuliskan target-target Anda

Menuliskan target Anda akan membuatnya terasa lebih jelas dan nyata. Selain itu akan lebih mudah bagi Anda untuk mengingat kembali motivasi dan tujuan. Tuliskan dengan kata-kata “aku akan” bukan dengan “aku ingin” atau “aku mungkin”, sehingga akan memberikan Anda dorongan yang lebih kuat untuk mencapainya. Pastikan semua kalimat yang dituliskan bernada positif.

motivasi meraih target

Foto: kulecanbazi/Pixabay

 

  1. Buat Rencana Kerja

Buatlah sebuah rencana kerja berisi langkah-langkah yang harus Anda lakukan dengan terperinci. Dengan menuliskan langkah demi langkah dan mencoretnya setiap kali Anda berhasil, Anda dapat memantau sudah sedekat apa dengan target.

motivasi meraih target

Foto: nappiness/Pixabay

 

  1. Konsisten

Langkah terakhir tentu saja Anda harus konsisten. Buatlah pengingat di agenda agar disiplin dan sisihkan waktu untuk memeriksa kembali target-target Anda.

motivasi meraih target

Foto: Maklay62-Pixabay

 

Dengan mencoba 5 motivasi meraih target di atas, Anda dapat dengan percaya diri menentukan target dan menikmati setiap prosesnya, terutama saat Anda berhasil menyelesaikan target-target tersebut.