Suatu pagi, Anda mengantre untuk membeli nasi bungkus di sebuah warung. Tiba-tiba datang seorang ibu dan langsung memesan makanan ke penjual dengan nada keras. Mendengarnya, Anda kaget dan naik pitam. Sumpah serapah keluar dari mulut Anda.

Jika pernah mengalami hal di atas, berarti Anda adalah orang yang sulit mengendalikan emosi. Padahal luapan emosi seperti itu sangat berbahaya bagi kesehatan. Stroke, stress, dan gangguan pernapasan mengintai hari-hari Anda. Yuk, cari tahu cara efektif mengendalikan emosi diri.

  1. Memaafkan

Menjadi pribadi pemaaf bukanlah tanda bahwa Anda orang yang lemah. Justru berdamai dengan diri sendiri dan tidak mengungkit masalah mampu memberi dampak positif.

mengendalikan emosi memaafkan

Foto: bykst/Pixabay

  1. Berolahraga teratur

“Mens sana in corpore sano”, ungkapan bermakna “Pada tubuh sehat, terdapat jiwa yang sehat”. Artinya, olahraga tidak hanya menyehatkan Anda secara fisik, namun juga mental. Semua jenis olahraga dapat menstimulasi zat kimia pada otak sehingga Anda merasa lebih rileks.

motivasi melawan malas

Foto:Skeeze/Pixabay

  1. Alihkan pikiran

Biasakan diri untuk tidak cepat emosi menanggapi sesuatu, bahkan jika masalah muncul di kehidupan Anda. Pembiasaan ini akan mengajak pikiran untuk tidak mengalami ledakan emosi.

mengendalikan emosi alihkan pikiran

Foto: Unsplash/Pixabay

  1. Biasakan berpikir logis

Hampir sebagian orang mengatakan susah sekali berpikir logis di saat emosi sedang meluap. Namun ini merupakan salah satu cara efektif mengendalikan emosi diri. Siapa lagi yang akan memegang kendali kalau bukan diri sendiri? Berpikir logis terhadap segala kondisi membantu pikiran untuk mengontrol emosi.

mengendalikan emosi positive

Foto: Ramdlon/Pixabay

  1. Ingatlah dampak negatifnya

Saat emosi meluap, ingat sederet dampak negatif yang bisa Anda terima, mulai dari penyakit sampai pandangan orang-orang sekitar, dan tentu saja perasaan orang yang terkena luapan emosi Anda. Tidak akan ada satu orang pun yang mau dicap “pemarah” atau ditakuti oleh orang lain karena khawatir menjadi sasaran pukulan atau makian jika bermasalah dengan dirinya.

mengendalikan emosi efek

Foto: Wokandapix/Pixabay

Inilah beberapa cara efektif mengendalikan emosi diri yang sangat penting diterapkan di kehidupan sehari-hari. Ingat, kita tidak hidup sendiri di dunia ini. Manusia adalah makhluk sosial yang harus berinteraksi dengan orang lain. Hindari anggapan bahwa Anda selalu benar di mata orang lain.